Perangkat Keras Jaringan Komputer


Perangkat Keras Jaringan Komputer

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamualaikum...
Untuk  meningkatkan  kemampuan  manajemen  jaringan  lokal,  Anda  dapat menggabungkan  dua  atau  lebih  jaringan  lokal.  Penggabungan  ini  disebut Interconnection  Network .  Untuk  menggabungkan  jaringan-jaringan  lokal  itu dibutuhkan  beberapa  perangkat keras jaringan komputer.


Berikut perangkat keras jaringan komputer untuk membangun jaringan lokal :
1. komputer Server
Server adalah sistem komputer yang berjalan terus menerus di jaringan dengan tugas  untuk  melayani  komputer  client dalam  jaringan.  Secara  fisik,  perangkat keras jaringan komputer ini hampir serupa dengan komputer pada umumnya, meski konfigurasi  hardware atau perangkat keras lebih  sering  dioptimisasi  untuk  memenuhi  peranannya  sebagai  server.  Perbedaan  antara  server dan  komputer  pada  umumnya  lebih  terletak  pada software yang  digunakan.  Server juga  secara  sering  menjadi  host  dalam mengontrol  hardware  yang akan di-share  pada  workstation seperti printer (print server) dan sistem file (file server). Proses sharing baik untuk kontrol akses dan keamanan  dapat  mengurangi  biaya  untuk  duplikasi  hardware,   sehingga penggunaan  hardware dapat  optimal.

Perangkat Keras Jaringan Komputer (komputer server)
2. Komputer Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari komputer server. Komputer client menerima pelayanan dari komputer server.


Perangkat keras jaringan komputer (komputer client)
3. LAN Card
LAN card adalah perangkat keras jaringan kopmuterberupa kartu jaringan yang berbentuk papan elektrik yang akan dipasang pada setiap komputer yang terhubung pada jaringan (baik server maupun client). Saat ini banyak sekali jenis kartu jaringan seperti tipe kartu, jenis protokol dan tipe kabel yang didukungnya.

Perangkat keras jaringan komputer (LAN Card)

4. Hub
Hub adalah suatu perangkat keras jaringan komputer yangmemiliki banyak port. Hub berfungsi untuk menghubungkan komputer server kebeberapa komputer client sehingga akan membentuk suatu jaringan dengan topologi star. Pada jaringan yang umum, sebuah port akan menhubungkan hub dengan komputer server. Sementara port yang lain digunakan untuk menghubungkan hub dengan beberapa komputer client.  

Perangkat keras jaringan komputer (Hub)
5. kabel dan konektor
Perangkat keras jaringan komputer berikutnya adalah kabel dan konektor. Kabel dan Konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dalam satu jaringan. Kabel yang umum digunakan dijaringan adalah kabel UTP. Sedangkan konektor yang umum digunakan adalah konektor RJ-45

Perangkat Keras Jaringan Komputer (Kabel-Konektor)


6. Repeater
Repeater adalah perangkat keras jaringa komputer berupa alat sederhana yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang melewatinya. Dua sub jaringa yang dihubungkan oleh perangkat keras ini memiliki protokol yang sama dengan jarak yang berjauhan sehingga kompunikasi anatara kedua sub jaringa tersebut dapat berlangsung denga baik.

Perangkat keras jaringan komputer (Repeater)

7. Bridge 
Bridge (jembatan), sesuai denga namanya, perangkat keras jaringan komputer ini berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah, baik jaringa yang sama maupun berbeda. Bridge memetakan alat jaringan dan hanya memperbolehkan lalu lintas data yang diperlukan.

Perangkat keras jaringan komputer (Bridge)



8. Router
Cara kerja router mirip dengan bridge. Perbedaannya, perangkat keras jaringan ini adalah penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringa dilakukan dengan menggunakan protokol tertentu. Sebuah router biasanya terletak pada sebuah gateway, tempat dimana dua atau lebih jaringan terkoneksi satu sama lain.  

Perangkat keras jaringan komputer (Router)
9. Gateway
Perangkat keras jaringa komputer ini digunakan utuk inter koneksi jaringan dimana masing-masing jaringa memiliki arsitektur yang sangat berbeda. Banyaknya protokol komunikasi menyebabkan dibutuhkannya gateway dalam suatu jaringan. Gateway menerjemahkan protokol sehingga menjadi compatible (cocok) agar komunikasi data dijaringan dapat bekerja dengan baik.

Perangkat kerasjaringan komputer (Gateway)
Demikianlah beberapa perangkat keras jaringan komputer diatas sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer. Namun tidak semua perangkat keras jaringan komputer tersebut diatas digunakan. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Semoga Artikel ini bermanfaat buat kalian semua…


Wassalamualaikum wr.wb...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Perangkat Keras Jaringan Komputer"

  1. Unknown says:
    25 Juni 2020 pukul 07.05

    Makasih min ini sangat bermanfaat

    klik di sini untuk melihat lelucon

Posting Komentar